Sudianto, Pahlawan Lingkungan dari Dayan Gunung - Warta 24 Nusa Tenggara Barat
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}
www.uhamka.ac.id/reg

Sudianto, Pahlawan Lingkungan dari Dayan Gunung

Sudianto, Pahlawan Lingkungan dari Dayan Gunung

LOMBOKita â€" Ombak besar dan cuaca tak menentu membuat sebagian wilayah Lombok Utara terkikis abrasi. Namun dari peristiwaa itu muncul sosok warga yang mengabdikan dirinya untu…

Sudianto, Pahlawan Lingkungan dari Dayan Gunung

LOMBOKita â€" Ombak besar dan cuaca tak menentu membuat sebagian wilayah Lombok Utara terkikis abrasi. Namun dari peristiwaa itu muncul sosok warga yang mengabdikan dirinya untuk lingkungan.

Kabupaten Lombok Utara merupakan daerah yang mempunyai pesisir pantai yang sangat panjang, bahkan sepanjang wilayahnya dikelilingi pantai, mulai dari Pemenang sampai Bayan.

Sudianto, yang tinggal di Dusun Jambi Anom Desa Medaana Kecamatan Tanjung muncul sebagai pahlawan lingkungan, berusaha menghentikan abrasi pantai yang melanda daerah Tioq Tata Tunaq itu.

Sudianto mulai menanam tanaman bakau sejak tahun 2012 lalu. Dari hasil bakau yang ditanam terlihat pantai tidak terkena abrasi bahkan semakin menjulur ke pantai.

Samapi tahun 2017 ini, ratusan tanaman sudah ia tanam dan dirawat hingga ukurannya besar.

Semua kegiatan yang ia lakukan bahkan tidak pernah ada pembinaan dari pemerintah setempat bahkan sempat ia disuruh membibitkan oleh kantor Lingkungan Hidup Lombok Utara dan akan dibeli lima ratus rupiah per pohon, namun sudah 2 tahun tanannya tak kunjung diambil.

Dia putuskan untuk menanam sendiri secara sukarela di tepi Pantai Medana agar semua orang bisa menrima manfaatnya.

Ia pun berharap kepada pemerintah agar bisa memberikan sedikit perhatian dalam bentuk pembinaan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat lain lebih pedulu terhadap lingkungan hidup. (nan)

Sumber: Google News | Warta 24 Lombok Utara

Tidak ada komentar