WARTA 24 NUSA TENGGARA BARAT

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Tambang Galian C di Lombok Tengah Didemo Warga

Posted by On 18.06

Tambang Galian C di Lombok Tengah Didemo Warga

kicknews.today â€" Puluhan warga Desa Tanak Beak Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah melakukan aksi demo di Kantor Desa setempat, Selasa (12/12) pukul 10.00 Wita. Aksi warga itu mendesak pemerintah desa menghentikan tambang galian C yang ada di wilayahnya.

Junaidin, perwakilan warga mengatakan penambangan galian C di Desa Tanak Beak harus dihentikan. Karena ditinjau dari segi dampak lingkungan, tata ruang dan perijinan belum memenuhi persyaratan. Sehingga warga menuntut supaya tambang galian C itu ditutup.

“Pemerintah desa harus menghentikan tambang galian C seluas 70 are yang dikawatirkan akan mengganggu irigasi persawahan warga,” ujarnya.

Baca Juga

Alat Tangkap Lobster di Lombok Tengah akan Ditertibkan

Kontraktor di “Deadline” Tuntaskan Proyek Kantor Disdik Lombok Tengah

11 Des 2017

Perdami NTB Gelar Pemeriksaan Mata Gratis Bagi Pelajar di Lombok Tengah

Mobil Pickup di Lombok Tengah Seruduk 10 Pelajar

Warga juga menuding aktivitas tambang yang beroperasi baru dua pekan tersebut tidak memiliki izin dan merusak lingkungan. Keberadaan tambang galian C itu bisa mengganggu persawahan warga.

“Lokasi galian C itu merupakan tanah pecatu/tanah aset desa. Kenapa pemerintah desa memberikan ijin penambangan galian C di wilayah tersebut,” kata Junaidin.

Sementara itu, Kepala Desa Tanak Beak Maknun mengatakan, bahwa apa yang dilakukan oleh pemerintah desa itu berdasarkan hasil kesepakatan dengan seluruh kepala dusun (kadus) dan staf Desa Tanak Beak.

Lokasi galian C seluas 70 are itu direncanakan untuk pembuatan embung desa. Sebagian juga akan dijadikan sebag ai tempat wisata yakni kolam renang.

“Terkait ijin galian C itu sudah lengkap persyaratan, mulai dari teknis dan bagaimana cara mengelola embung itu,” ungkapnya. (ade)

Tanggapan Pembaca

Tanggapan

Sumber: Google News | Warta 24 Lombok Utara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »