WARTA 24 NUSA TENGGARA BARAT

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Turun Drastis, Jumlah Kapal Pesiar Sandar di Lembar

Posted by On 20.02

Turun Drastis, Jumlah Kapal Pesiar Sandar di Lembar

Turun Drastis, Jumlah Kapal Pesiar Sandar di LembarTurun Drastis, Jumlah Kapal Pesiar Sandar di Lembar Turun Drastis, Jumlah Kapal Pesiar Sandar di Lembar

24 Desember 2017 10:53 SUARANTB.com

Mataram (Suara NTB) â€" Tahun 2017 jumlah kapal pesiar yang sandar di Lembar hanya 11 kapal. Jumlah ini turun drastis dibanding keadaan kunjungan... Turun Drastis, Jumlah Kapal Pesiar Sandar di Lembar

Mataram (Suara NTB) â€" Tahun 2017 jumlah kapal pesiar yang sandar di Lembar hanya 11 kapal. Jumlah ini turun drastis dibanding keadaan kunjungan kapal pesiar tahun sebelumnya.

'); }());

Tahun 2015, ada sebanyak 26 kapal pesiar yang masuk Pelab uhan Lembar, tahun 2016 sebanyak 20 kapal, dan tahun ini turun hampir 50 persen dari tahun lalu, kata General Manajer Pelindo III Cabang Lembar, Baharuddin.

Bisa jadi penurunan kunjungan kapal pesiar ini akibat perubahan cuaca. Hal yang sama juga terjadi di Benoa, Bali. Pengaruh lain, bisa juga akibat adanya kapal kapal pengangkut wisatawan yang langsung masuk ke gili-gili di Lombok Utara (Gili Meno, Air dan Trawangan). Harusnya hal itu tidak ada, karena kekhawatirannya dengan masuknya kapal-kapal pengangkut wisatawan ke kawasan yang tidak sesuai jalurnya, dapat memicu kerusakan lingkungan.

Baca juga: Bersih dan Tenangnya Pantai Loko Piko di KLU

“Lihatlah Raja Ampat, bayangkan butuh berapa puluhan tahun untuk pemulihannya akibat kapal salah masuk pada kawasan yang tidak seharusnya. Lombok ini adalah gadis cantik, mari kita jaga kecantikannya itu,” demikian Baharuddin.

Ditemui di kantornya, Jumat, 22 Desember 2017, Baharuddin kemudian menjelaskan progres pembang unan dermaga kapal pesiar, Gili Mas. Saat ini proses reklamasi untuk kawasan pembangunan fisik dermaga telah rampung lebih dari 50 persen.

Untuk pembangunan dermaga sepanjang 450 meter, ia yakin akan dimulai di awal tahun 2018 dalam waktu dekat. Sebab Pelindo III telah mengantongi pemenang tender pembangunan fisiknya. Tinggal pelaksanaan proyek pembangunan dermaga.

Sebagai putra daerah, Baharuddin mengatakan sekemampuannya mendukung percepatan pembangunan dermaga kapal pesiar terbesar di Indonesia Timur ini. Targetnya paling cepat pada Mei 2019 dermaga sudah dapat di operasikan.

“Atau kalau tidak bisa secepat itu, paling tidak tahun 2019 dermaga sudah beroperasi. Kapasitasnya dua kapal cruise bisa sandar sekaligus,” imbuhnya.

Setelah terdengar rencana pembangunan dermaga kapal pesiar Gili Mas ini, Pelindo telah mendapatkan tawaran dari salah satu perusahaan yang mengoperasikan kapal pesiar. Cruise berencana bekerjasama untuk sandar kapal nantinya. Selain itu, perusahaan asal Austalia juga telah menjajaki kerjasama baru-baru ini.

Baharuddin mengaku sudah ada komunikasi dengan perusahaan dimaksud. Selain dengan Pelindo, juga dengan Kementerian Perhubungan. (bul)

BERITA TERKAIT :

  • Robiatul Adawiyah Dorong Penguatan Nilai-nilai Tolerans...Robiatul Adawiyah Dorong Penguatan Nilai-nilai Tolerans...
  • Mahalli Fikri Pimpin PW NW NTB, Ini Delapan Rekomendasi...Mahalli Fikri Pimpin PW NW NTB, Ini Delapan Rekomendasi...
  • Peringati Hari Anti Narkoba, BNN Gelar Buka Bersama Ana...Peringati Hari Anti Narkoba, BNN Gelar Buka Bersama Ana...
  • Fenomena Supermoon, Banjir Rob Terjang Dua Kecamatan di...Fenomena Supermoon, Banjir Rob Terjang Dua Kecamatan di...
Sumber: Google News | Warta 24 Lombok Utara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »