WARTA 24 NUSA TENGGARA BARAT

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Tangani Ratusan RTLH, ini Program Pemkab Lombok Tengah

Posted by On 20.53

Tangani Ratusan RTLH, ini Program Pemkab Lombok Tengah

kicknews.today â€" Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah akan menggelontorkan dana program pengentasan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang hingga saat ini masih belum tuntas.

“Tahun ini jumlah program rumah tidak layak huni yang akan ditangani sebayak 950 unit, dengan jumlah anggaran masing-masing rumah Rp 15 juta,” ujar Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Lombok Tengah, Selasa (27/2).

Dijelaskan, anggaran program penanganan 950 unit rumah tidak layak huni yang tersebar di beberapa desa itu, teralokasi dalam APBD, APBD Provinsi NTB, dan APBN.

Baca Juga

Jadi Terpidana Proyek RTLH, Warga Lombok Utara jadi Buronan Kejaksaan

Ratusan Pejabat Lombok Tengah Dimutasi Bulan Depan

Dispar Loteng Optimis Putri “Nyale” Mand alika Tumpah Bulan Maret

Kesadaran Warga Lombok Tengah Konsumsi Ikan Masih Rendah

Anggaran dari APBD Kabupaten Lombok Tengah bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), tersebar di Desa Batujai sebanyak 100 unit, Desa Praya Meke 68 unit, dan Desa Pengenjek sebanyak 58 unit.

Sedangkan anggaran dari Dana Alokasi Umum (DAU) untuk kawasan kumuh, diantaranya di Kelurahan Prapen 30 unit, Kelurahan Semayan 26 unit, dan Kelurahan Jontlak 25 unit.

“Sehingga total RTLH yang ditangani dari dana APBD sebanyak 357 unit,” jelas Firman.

Sementara jumlah RTLH yang ditangani dari anggaran APBD Provinsi NTB sebanyak 440 unit. Sebanyak 210 unit pembangunan baru di 30 desa yang tersebar di sembilan kecamatan.

Selain itu, terdapat 234 batuan stimulan di 18 desa yang juga tersebar di sembilan kecamatan.

“Total bantuan dari APBN sebanya k 200 unit yang tersebar di Desa Kuta 100 unit, Desa Mertak 40 unit, Desa Sengkol 20 unit, dan Desa Sukadana sebanyak 40 unit,” paparnya.

Ditambahkan, sesuai data jumlah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang masih belum tertangani, hingga saat ini mencapai ribuan. Hal ini tentu menjadi fokus pemerintah daerah untuk menyelesaikan program RTLH di Lombok Tengah.

“Dari data jumlah RTLH 16.891, yang sudah ditangani sejak tahun 2011 itu sebanyak 6.429 unit,” pungkasnya. (ade)

Tanggapan Pembaca

Tanggapan

Sumber: Google News | Warta 24 Lombok Tengah

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »